Sabtu, Februari 11, 2012

DOMAIN NAME

Sekarang ane mo bahas tentang Domain Name. Apa sih sebenernya Domain Name tu?..domain name adalah sebuah nama yang digunakan sebagai identitas suatu website yang merupakan representasi dari IP address. jadi misal agan punya web, alamat web agan tu sebenernya merupakan alamat IP (mis: 110.163.78.xxx). karena susah nginget alamat yang berupa angka maka dibuatlah suatu sistem yang disebut DNS (Domain Name System). kita bakal lebih gampang mengingat alamat www.blablabla.com daripada deretan angka. domain sendiri ada level-levelnya. mulai dari Top Level Domain (TLD), Second Level Domain, dst.

Top Level Domain (TLD)
TLD merupakan level tertinggi dari domain2 yang ada di internet. TLD biasanya ditandai dengan .com, .net, .org, .gov, .edu. selain itu ada juga yang disebut country code top level domain (ccTLD) yang biasanya merupakan singkatan dari kode wilayah negara. mis: .us, .uk, .id, .jp

Second Level Domain and lower
dibawah TLD adalah SLD dst. biasanya ada di sebelah kiri dari TLD. mis: www.blablabla.co.id .maka .co merupakan secondary level domain. dan untuk yang third level domain dst, merupakan domain yang ada di sebelah kiri dari SLD.

semoga postingan ane bisa membantu agan2 yang belum paham tentang domain name. kalo ada pertanyaan silahkan lewat komen aja. kalo ane bisa jawab ya ane jawab. kalo ane ga bisa jawab ya ane cari jawabannya dulu :D. lha wong ane juga masih belajar :))


1 comments:

sayang banget blognya gk diurus ya...padahal bagus dan berita nya menarik...

Posting Komentar